Jejaring Sosial Buatan Anak Bangsa “SMABOY.COM”

Menurut saya,  Teknologi merupakan suatu alat inovasi atau sarana yang menunjang pengembangan hidup masyarakat.
Tidak hanya itu, manfaat teknologi sangat banyak di semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Beberapa manfaatnya adalah membuat waktu menjadi efisien, dan terkendali. Bahkan dengan teknologi, seluruh penjuru dunia bisa kita lihat meski kita tidak ada pada negara tersebut, itulah kehebatan teknologi.

Perkembangan teknologi sangatlah cepat dan pesat, bahkan sejak SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi semua dapat mempelajari teknologi secara mudah, contoh pengembangan teknologi di bidang media sosial saat ini yang terkenal adalah twitter dan facebook. Twitter dan Facebook merupakan salah satu pengembangan teknologi di bidang IT. Berkaca dari skala international maupun nasional, banyak anak remaja, dewasa, instansi dll mulai mengembangan jejaring social sebagai alat komunikasi baik untuk perorang, kelompok, komunitas, instansi, dll.

SMABOY adalah salah satu jejaring sosial yang dibuat oleh anak bangsa. Meski jejaring ini kurang popular atau bahkan tak mendunia, namun kebanggan bagi saya pribadi sebagai anak bangsa mengetahui dan mengamati perkembangan anak bangsa dalam mengembangakan potensinya.

Di sini saya sedikit keluar dari paradigma tentang “kata menyerah atau sulit” bahkan ada yang mengatakan  “menciptakan facebook,twitter dll yang berbasis internet, hanya orang barat yang dapat sukses membuatnya” dan “hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membuatnya serta mengaksesnya”. Saya sangkal pernyatan itu dengan sebuah jejaring sosial yang bernama “smaboy”, smaboy adalah jejaring sosial yang strukturnya hampir mirip seperti facebook namun bedanya adalah, di jejaring ini terdapat beberapa jejaring sosial menyerupai twitter, kaskus, dan Blog . kerennya jejaring sosial ini mengkombinasikan beberapa jejaring sosial menjadi satu akun jejaring sosial. keren!

Saya akan sampaikan beberapa kelebihan smaboy dibanding facebook:.

  • Smaboy, dalam pertemanan lebih mirip dengan twitter.
  • untuk membuat status/update status, font bisa diubah melalui pilihan bold, underline, strikethrought, insert quote, insert code, smiley / icon emosi – mirip dengan KasKus. 
  • template atau background bisa diubah-ubah sesuai selera menjadi lebih beraneka lebih berwarna – mirip twitter atau blog.
  • smaboy menyediakan thread untuk membuat forum lebih mudah di sebelah kiri.
  • Setelah saya ukur berat dan kecepatan loading melalui iwebtool.com,  smaboy cukup ringan, saya bandingkan dengan 7 jejaring yang cukup kita kenal. lihat gambar dibawah ini dan klik untuk memperbesa gambarnya.

Menurut saya ini merupakan bukti, bahwa  “anak bangsa Indonesia dapat maju dan sejajar dengan anak bangsa dari Negara lain” . SETUJU?

Saya akan mengulik isi dari jejaring sosial “SMABOY” asli indonesia ini.

  • Tampilan Form Login :

  • Tampilan Beranda

  • Tampilan Profile 
  • Tampil Member 
  • Tampil Forum 
  • Tampilan applikasi 
  • Tampilan Account Setting
  • Tampilan Inbox 
  • Tampilan Notification 
  • Tampilan Friend Request 
Sebenarnya masih banyak aplikasi dan tools  yang terdapat di jejaring sosial “SMABOY”.Setidaknya sedikit informasi dari saya dapat bermanfaat bagi “proses pengembangan anak bangsa”.
Namun tentunya akan sangat tidak adil kalau kita menuntut persis seperti facebook.
Kenapa? coba bayangkan pendapatan facebook terhitung November 2010, menurut SecondMarket Inc., nilai Facebook mencapai $41 milyar x Rp. 9.125 = 374.125.000.000 = gilaaa benerr (wikipedia) dengan membersnya mencapai 600juta pengguna per januari 2011, total aktif tiap harinya mencapai 168 juta akun = gilaaa benerrr. Dengan dukungan aplikasi lebih dari 53 ribu aplikasi.
Namun, patut kita acungi jempol bahwa ada belasan aplikasi yang sudah di buat oleh anak bangsa dan salah satunya adalah “http://www.smaboy.com

Saya ucapkan terimakasih kepada firdhani hayani ( @firdhanihay)  yang sudah meminjamkan akun “SMABOY” nya  untuk saya jadikan objek blog.. ^_^
Ini yang dapat saya bagi, semoga bermanfaat dan ” HIDUP UNTUK ANAK BANGSA INDONESIA”
twitter: @penaberjalan


Masbro dan Mbkbro Bisa Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s