“sebuah monolog, tanpa monolog”

Fuck off

Alkisah tentang sebuah kehidupan di kayangan.

ketika mengambil sikap malah diremehkan di situ dia mulai muak. dia tidak pernah tau isi kepala manusia, terlebih dengan sikap seseorang atau lebih yang meremehkan dan seolah merekalah sumber dari segala sumber.

Ada masa di mana dia atau siapa pun jatuh di sebuah titik paling bawah ; tanpa semangat hidup. Di sana dia membutuhkan seseorang yang siap menampung kegelisahan.

Tapi,

Tadi malam adalah peristiwa yang tidak akan dia lupakan, senyum kecil remeh dan nada tawa menghina akan dia dengar. Barangkali mereka bersekongkol, melempar isu, dan menombak dia dari belakang.

Yang dia pahami, ia tidak akan lupa senyum dan tawa remeh yang sengaja dibuat untuk menjatuhkan kebesaran hatinya.

Cukup di ingat saja bahwa kayangan ini akan selalu berputar dan kelak kesombongan mereka akan terbayar oleh mulut dan perilaku mereka sendiri.

Terlihat cukup baik tapi tidak sama sekali.

“sebuah monolog, tanpa monolog”

Untuk Empat Orang Teman

4 orang teman

Chat pagi ini tiba-tiba membawa saya pergi mengingat masa lampau, di mana tertawa, masak-masak, dan berkumpul, menjadi suatu hal yang mungkin layak tak pergi di atap pikiran saya.

Dulu kita hanyalah siswa SMP cupu yang dipertemukan dengan tiba-tiba, Tuhan memang maha asik. Pagi ini, entah tiba-tiba, ada yang ingin kembali masuk di ruang paling hampa dan sunyi ini, setelah saya berdamai, kebersamaan hanyalah kelopak senja yang tersentuh kenangan.

Dulu, kita berlima acap kali bersama untuk kumpul, sekadar melepas penat atau pun belajar kelompok. Saya, Pandu, Arifah, Fachri, dan Anis. Meskipun kita berbeda sekolah. Kala itu mereka adalah orang-orang terbaik yang saya miliki. Hari demi hari kita lewati bersama, nyaman, damai, bahagia. Kita seperti keluarga dengan berbagai pemikiran yang saling menguatkan satu dengan lain.

Pernah suatu hari di doa saya, “jangan pisahkan kebersamaan ini, hingga masing-masing dari kita mempunyai anak”, doa terkonyol yang saya minta pada Tuhan. Tak semua permintaan harus selalu dikabulkan, iya kan?

semesta menyembunyikan banyak rahasia, termasuk cinta.

Sejujurnya,  saya benci dengan perpisahan. Tapi, cepat atau lambat, perpisahan akan datang tanpa diminta.

Mengenal mereka adalah sebuah keberuntungan untuk saya.

Masa SMA pun datang, terlihat perubahan dalam sikap kita berlima. Tentunya lebih dewasa. Ya meskipun kesibukan mulai menghampiri, ada waktu untuk kita kumpul dan berbagi cerita.

Saya tulis mereka di blog ini, ketika pertemuan tak lagi mudah dijangkau, kita akan tetap saling memeluk. Untuk teman-teman. Saya ingin merasuk dan merasakan dada yang belum ditemui, sedikit bernostalgia  melalui imajinasi.

Di internet, bahkan orang yang sangat jauh dapat membuat kita dekat. Saya suka mengamati mereka dari kejauhan.

Hi Pandu, apa kabar?

Hi Anis, apa kabar?

Hi Fachri, apa kabar?

Hi Arifah, apa kabar? Sudah dikaruniai berapa anak?

Jika kalian bertanya kabar saya, Alhamdulillah saya baik-baik saja. Kalian tahu, Surabaya menjadi tempat asing. Saya merasa Surabaya bukanlah tempat yang cocok selain Bekasi dan Jakarta. Tapi, sekali lagi Tuhan maha asik.

Keputusan saya untuk berkuliah di Surabaya ternyata membawa banyak pelajaran hidup. Di sini mungkin tidak semacet Jakarta atau Bekasi, namun ada damai yang saya dapat, yaitu kembali bersama  Ibu dan Ayah. Ada yang harus dikorbankan, kamu, segala harapan yang pernah ‘kau dan aku’ gumamkan bersama, kami sepakat untuk menjalani kehidupan masing-masing. Mungkin.

Kenangan bersama teman-teman terbaik, selalu mampu mengecup ingatan, namun ingatan hanyalah kening yang cuma mampu menunggu dikecup. Kata-kata selalu ingin mampu menyentuh jantung, namun ia tak mempunyai jemari.

Saya punya mimpi.

Kelak satu hari, saat kita berlima kita bertemu, saya ingin memasakan kalian pizza mie telor dan nasi goreng. Melepas jeda di dada menjadikan jauh terasa dekat.

Perihal jarak, kita akan berlomba-lomba melupakan. Mungkin.

Semoga kita berbahagia dan saling membahagiakan.

 

 

Komunisme itu gimana sih?

Komunisme Dalam Cangkang Kacang (Bagian I)

Komunisme dan Agama

Komunisme. Apa yang pertama kali muncul di kepala kalian ketika mendengar kata tersebut? Sekumpulan orang-orang brutal tak beragama yang suka membunuh? Tahukah kalian bahwa gerakan komunis di Nusantara pertama kali justru muncul dari organisasi Islam terbesar di Hindia-Belanda pada saat itu, yaitu Sarekat Islam? Beberapa tokoh-tokoh awal komunis di Nusantara juga memiliki latar belakang agama yang kental, seperti Haji Misbach, H.O.S. Tjokroaminoto, dan Tan Malaka.

Haji Misbach bahkan pernah berkata, “orang yang mengaku dirinya Islam tetapi tidak setuju adanya komunisme, saya berani mengatakan bahwa mereka bukan Islam yang sejati, atau belum mengerti betul-betul tentang duduknya agama Islam.”

http://www.berdikarionline.com/kisah-haji-merah-dan-kongres-pki/

Tan Malaka juga adalah seorang Minang dengan latar belakang pendidikan agama yang kuat. Beliau adalah seorang hafidz (penghafal Al Quran). Semasa hidupnya, beliau pernah menafsirkan Islam dengan menggunakan materialisme, dialektika, dan logika di bukunya yang berjudul Islam Dalam Tinjauan Madilog (1948). Beliau juga merupakan salah satu tokoh yang menyerukan Pan-Islamisme dalam perjuangan melawan imperialisme, di samping H.O.S. Tjokroaminoto.

“Saat ini, Pan-Islamisme berarti perjuangan untuk pembebasan nasional, karena bagi kaum Muslim Islam adalah segalanya: tidak hanya agama, tetapi juga Negara, ekonomi, makanan, dan segalanya. Dengan demikian Pan-Islamisme saat ini berarti persaudaraan antar sesama Muslim, dan perjuangan kemerdakaan bukan hanya untuk Arab tetapi juga India, Jawa dan semua Muslim yang tertindas. Persaudaraan ini berarti perjuangan kemerdekaan praktis bukan hanya melawan kapitalisme Belanda, tapi juga kapitalisme Inggris, Perancis dan Itali, oleh karena itu melawan kapitalisme secara keseluruhan. Itulah arti Pan-Islamisme saat ini di Indonesia di antara rakyat kolonial yang tertindas, menurut propaganda rahasia mereka – perjuangan melawan semua kekuasaan imperialis di dunia.”

http://www.berdikarionline.com/tan-malaka-dan-islam/

Tuduhan bahwa komunisme merupakan ideologi yang anti-agama merupakan tuduhan yang sangat ahistoris. Beberapa figur diktator dalam sejarah yang mengklaim sebagai komunis memang ada yang merepresi agama, itu tidak bisa dinafikan. Akan tetapi, apakah komunisme sendiri merupakan ideologi yang secara inheren anti-agama?

Tokoh-tokoh yang menganggap bahwa komunisme itu adalah ideologi yang anti agama, baik dari kalangan komunis maupun anti-komunis, sering kali menggunakan kutipan dari Marx ‘agama adalah candu masyarakat’ sebagai dasar dari anggapan tersebut. Bagaimana sebenarnya kutipan lengkap dari Marx mengenai agama?

“The foundation of irreligious criticism is: Man makes religion, religion does not make man. Religion is, indeed, the self-consciousness and self-esteem of man who has either not yet won through to himself, or has already lost himself again. But man is no abstract being squatting outside the world. Man is the world of man – state, society. This state and this society produce religion, which is an inverted consciousness of the world, because they are an inverted world. Religion is the general theory of this world, its encyclopaedic compendium, its logic in popular form, its spiritual point d’honneur, its enthusiasm, its moral sanction, its solemn complement, and its universal basis of consolation and justification. It is the fantastic realization of the human essence since the human essence has not acquired any true reality. The struggle against religion is, therefore, indirectly the struggle against that world whose spiritual aroma is religion.

Religious suffering is, at one and the same time, the expression of real suffering and a protest against real suffering. Religion is the sigh of the oppressed creature, the heart of a heartless world, and the soul of soulless conditions. It is the opium of the people.

The abolition of religion as the illusory happiness of the people is the demand for their real happiness. To call on them to give up their illusions about their condition is to call on them to give up a condition that requires illusions. The criticism of religion is, therefore, in embryo, the criticism of that vale of tears of which religion is the halo.”

Marx menganalogikan agama sebagai opium, yang mana merupakan obat penahan rasa sakit pada jamannya, karena agama muncul sebagai obat atas penderitaan atas keterasingan yang diakibatkan dari masyarakat klas. Kritik Marx terhadap agama adalah ketika agama membuat manusia menjadi pasif terhadap kondisi sosial yang ada. Agama bisa saja digunakan sebagai alat oleh klas penguasa untuk meninabobokan masyarakat. Di satu sisi, agama juga bisa menjadi alat perjuangan pembebasan, seperti gerakan Teologi Pembebesan di Amerika Latin dan juga Pan-Islamisme yang sempat kami singgung di atas.

Secara simpel, komunisme melihat agama sebagai sesuatu yang “netral”. Ia tidak “baik” atau “buruk” secara sendirinya. Agama muncul sebagai bagian dari sejarah peradaban manusia. Bagaimana agama itu digunakanlah yang menjadikannya “baik” atau “buruk”.

Di tulisan selanjutnya, kami akan mengupas secara singkat mengenai apa sebenarnya komunisme itu. Apa yang menjadi tujuan besar gerakan komunis? Dan apakah komunisme merupakan suatu gerakan yang monolit, atau justru komunisme memiliki berbagai bentuk dan faksi di dalamnya?

( copas dari line : interseksionalisme)

Apa yang Sebenarnya Diperjuangkan Kaum Komunis?

Komunisme Dalam Cangkang Kacang (Bagian II)

Komunisme adalah suatu gerakan dan ideologi politik yang sangat luas. Ketika kita membicarakan komunisme, biasanya kita merujuk kepada mazhab Marxisme-Leninisme (ML). Akan tetapi, gerakan komunis tidak terbatas pada mazhab ML saja. Ada pemikiran-pemikiran komunis lain seperti anarko-komunisme (atau pendeknya: anarkisme). Ada pula mazhab-mazhab Marxisme yang tidak sepakat dengan ML, seperti mazhab Frankfurt, Luxemburgisme, Marxisme-libertarian (yang teorinya sangat dekat dengan anarkisme), dsb. Dalam tradisi ML sendiri juga kemudian ada perpecahan antara kaum Trotskyis dan kaum Stalinis paska Stalin berkuasa di Uni Sovyet.

Di sini, kami tidak akan membicarakan secara mendalam perbedaan-perbedaan antar satu pemikiran komunis dengan lainnya, karena pembahasan tersebut akan sangat panjang dan rumit. Lagipula, tanpa memahami apa yang sebenarnya ingin dicapai oleh kaum komunis, kita tidak akan bisa memahami perbedaan-perbedaan yang ada antar pemikiran-pemikiran komunis.

Jadi, apa yang menjadi tujuan semua kaum komunis?

Pendek kata, kaum komunis ingin mencapai masyarakat komunis, yakni masyarakat tanpa klas-klas sosial, mata uang, dan Negara dimana alat-alat produksi dimiliki secara bersama untuk kemaslahatan umat manusia secara luas.

Kaum komunis melihat bahwa di dalam sistem ekonomi yang berjalan di masyarakat sekarang, yakni sistem ekonomi kapitalis, selalu ada konflik antara klas borjuis dan klas proletar. Klas borjuis adalah klas yang memiliki alat-alat produksi seperti lahan, pabrik, mesin, dan infrastruktur, sementara klas proletar adalah klas pekerja yang tidak memiliki alat-alat produksi sehingga mereka harus menjual tenaga kerjanya kepada klas borjuis yang kemudian ditukar dengan upah tertentu.

Relasi kerja dalam moda produksi kapitalistik seperti ini memiliki konsekuensi terhadap masyarakat, yakni alienisasi atau keterasingan. Atau dalam bahasa ibu Marx: Entfremdung. Marx melihat bahwa kerja bisa menjadi sumber kebahagiaan manusia sebagai suatu spesies. Akan tetapi, mode produksi kapitalis dimana kaum pemodal mengapropriasi nilai lebih (surplus value) yang diciptakan oleh pekerja membuat pekerja menjadi teralienisasi dari produk yang ia ciptakan, dari kerjanya sendiri, dan dari dirinya sendiri sebagai seorang produser. Pada akhirnya, kebanyakan dari klas pekerja kemudian bekerja sekedar untuk bertahan hidup, tanpa bisa menemukan makna dari kerjanya tersebut.

Mode produksi kapitalistik juga dilihat kaum komunis sebagai akar dari permasalahan mendasar dalam masyarakat klas: kesenjangan. Apropriasi nilai lebih dari pekerja oleh kaum pemodal membuat jurang kesenjangan makin melebar. Ini juga yang menjadi penyebab utama dari konflik klas antar klas borjuis dan klas proletar. Pemodal memiliki kepentingan untuk menekan upah pekerja serendah mungkin dan memperpanjang jam kerja mereka sepanjang mungkin, sementara pekerja memiliki kepentingan untuk mendapat upah setinggi mungkin dan jam kerja sependek mungkin. Ini adalah imbas dari prinsip cost efficiency dalam kapitalisme. Persaingan dalam kapitalisme membuat pemodal harus mencari cara untuk menekan biaya produksi serendah mungkin agar tidak kalah bersaing dengan pemodal lainnya. Pada praktiknya, klas pekerja lah yang sering kali harus menjadi korbannya. Mereka harus menghadapi jam kerja yang panjang, kondisi kerja yang tidak manusiawi, dan upah yang sekedar cukup untuk hari ini agar bisa bekerja lagi keesokan harinya.

Tentu saja, itu sekedar analisis umum komunisme terhadap masyarakat klas di dalam kapitalisme. Akan tetapi, itu cukup untuk menjadi gambaran mengenai pandangan kaum komunis terhadap kapitalisme. Dalam praktiknya, ada klas-klas menengah yang tidak benar-benar termasuk klas borjuis, tapi tidak juga termasuk dalam klas proletar. Seperti seorang manajer suatu perusahaan yang menerima gaji dari perusahaan, tapi di saat bersamaan memiliki investasi di bursa saham. Ada analisis-analisis turunan mengenai masyarakat klas di era kapitalisme kontemporer.

Untuk menuju masyarakat komunis, kaum komunis menawarkan suatu metode, yakni sosialisme. Sosialisme adalah suatu fase sebelum masyarakat benar-benar beralih dari sistem yang ada sekarang, yakni kapitalisme, menuju komunisme penuh. Oleh karenanya, istilah sosialisme dan komunisme sering kali digunakan secara sinonim. Sosialisme oleh kaum Marxis ortodoks juga disebut sebagai komunisme taraf rendah (lower-stage communism).

“Socialism is the same as Communism, only better English.” – George Bernard Shaw

Sosialisme ditandai dengan kontrol pekerja atas alat-alat produksi. Dalam sosialisme, alat-alat produksi dimiliki secara kolektif dan dijalankan secara demokratis oleh para pekerja. Prinsip umum dalam sosialisme adalah from each according to their ability, and to each according to their contribution. Sementara ketika masyarakat sosialis sudah beralih ke komunisme penuh, maka prinsip yang digunakan adalah from each according to their ability, and to each according to their need.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan umum mengenai komunisme dan sosialisme. Tentu ada perbedaan-perbedaan pemahaman antar kaum sosialis/komunis mengenai bagaimana seharusnya sosialisme itu dijalankan. Kaum Marxis dan anarkis, misalnya, berseberangan pendapat mengenai peran Negara dalam masyarakat sosialis. Kaum Marxis percaya bahwa sebelum masyarakat komunis tercapai, Negara harus dijalankan oleh kaum pekerja dalam bentuk kediktatoran kaum proletar (the dictatorship of the proletariat) sebelum akhirnya peran Negara semakin lama semakin mengecil dan akhirnya hilang sepenuhnya (withering away of the state). Sementara itu, kaum anarkis melihat bahwa Negara harus serta merta dihilangkan dari awal karena bentuk kediktatoran kaum proletariat hanya akan menciptakan klas penguasa baru, yakni Birokrasi Merah (the Red Bureaucracy).

Hal tersebut merupakan contoh sederhana bagaimana kaum sosialis/komunis memiliki perbedaan prinsip antar satu sama lain. Tentu dalam perkembangannya, perbedaan prinsip ini menjadi semakin beragam. Dalam diskursus Marxis juga ada perbedaan-perbedaan prinsip tersendiri. Muncul mazhab-mazhab Marxisme yang mendukung Revolusi Oktober di Russia, tapi di saat yang sama juga kritis terhadap konsep kepeloporan partai kaum Bolshevik (party vanguardism) seperti mazhab Luxemburgisme yang sempat kami sebut di atas. Ada juga mazhab-mazhab Marxisme yang pada perkembangannya memiliki kemiripan dengan anarkisme dalam hal peran Negara dalam sosialisme, seperti Marxisme-otonom dan Marxisme-libertarian.

Akan tetapi, terlepas dari perbedaan-perbedaan prinsip tersebut, sejatinya kaum komunis memiliki pandangan umum yang sama bahwa sistem ekonomi kapitalistik yang berjalan sekarang adalah suatu sistem yang eksploitatif dan tidak manusiawi.

( Copas dari line : interseksionalisme )

Komunitas pacaran eksklusif!

Parodi ABCD 2… Aduh Bo Cape Dech……

Arief dan Cinta

Filem ABCD 2 lagi meledak parah di Indonesia, semua mendadak puitis, dari tukang cendol, tukang bakso, anaknya tukang baso dan cendol. Mendadak romantis. Tapi, bukannya di filem ABCD 1, mereka putus ya? waduh, saya jadi bingung. Menurut si komo, usut punya usut mereka dipertemukan kembali melalui aplikasi bernama Woo. ini aplikasi apa sih, kok bisa mempertemukan lawan jenis? saya jadi penasaran, download di AppStore dan Playstore ah!

Arief dan Cinta

Woo adalah aplikasi perjodohan yang akan membantu kamu menemukan orang yang mempunyai gaya hidup dan minat yang sama seperti kamu. Asik nih aplikasi, jadi kita bisa nemuin bidadari yang satu passion ama kita. manteb dah! Kalau gini kan bisa ngurangin tengkar karena beda pandangan.

 

Arief dan Cinta

Woo juga akan membantu kamu bertemu dengan orang yang benar-benar ingin membangun hubungan yang serius. Aplikasi ini dibuat eksklusif untuk kamu, agar kamu dapat bertemu dengan para professional muda yang menarik di sekitar kamu. Cuman yang serius yang bisa dapetin jodoh, catet! Bahkan CEO Woo Sumesh mengatakan, “Kami berbicara dengan banyak pengguna aplikasi perjodohan dan menyadari bahwa banyak yang kecewa atas pengalaman mereka. Mereka merasa banyak aplikasi yang hanya cocok untuk mendapatkan teman kencan atau hubungan yang sementara. Woo diciptakan untuk orang-orang yang mencari cinta dan hubungan yang lebih dalam, karena itu kami bukan aplikasi kencan, melainkan aplikasi jodoh. Kami ingin pengguna memiliki hubungan yang lebih bermakna dari sekedar teman kencan.”

 

Arief dan Cinta

Woo merupakan aplikasi yang simpel namun memikat! Jelajahi profil, lihat detail calon pasangan Anda, pekerjaan, agama, foto, dll. Keren parah, jadi kamu gak merasa dibohongi, sebab profilenya pun lengkap. Apalagi sekarang lagi marak pacaran beda agama, gak ngelarang sih kalau emang hati udah cocok. Tapi, kalau bisa seagama kan lebih oke. Seenggaknya, kalau kamu emang niat banget cari calon istri atau suami, kamu bisa liat agamanya, jadi kamu ngejalanin hubungan tanpa beban. hehehe..

 

Arief dan Cinta

Cukup beri like jika kamu tertarik dan mulailah obrolan dengan calon jodoh kamu! Jika kamu merasa kurang cocok ditengah perjalanan, kamu bisa dengan mudah membatalkan perjodohan kapan saja. kamu pun bisa kembali menggeser profil yang terlewatkan karena kami tahu cinta tidak selalu datang pada pandangan pertama.  Buat kamu yang sedang ngejalin hubungan online seperti ini, jangan sok dekat apalagi kenal. Perlahan tapi pasti, jangan gasruk sana gasruk sini. Alhasil bisa bikin orang yang lagi deket sama kamu merasa gak nyaman. Ngalir aja kayak air, sampe akhirnya kalian ketemu, baru deh terserah mau ngungkapin apa aja. Sebisa mungkin jaga sikap, supaya kamu terlihat berkelas, agar calon jodoh kamu cocok.

Arief dan Cinta

Woo membantu kamu menemukan pasangan hidup yang tepat bagi kamu, dengan berbagai fitur, antara lain:

– TagSearch : Tagsearch merupakan fitur unik dan menarik yang hanya akan kamu dapatkan di Woo. Fitur ini memungkinkan kamumenemukan orang yang mempunyai kesamaan minat, agama, pekerjaan, dll. Cukup buka profil kamu dan pilih tags yang ingin kamu cari.

 

Arief dan Cinta

– Ask A Question : Melalui fitur Tanya-Jawab, kamu dapat mengajukan pertanyaan  untuk dijawab para calon jodoh kamu kapanpun. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan jodoh yang sesuai dengan cara berfikir kamu.

– Reconsider : Beri like pada profil yang kamu sukai dan kunjungi lagi  profil tersebut kapan saja di lain waktu.

– Voice Intro: Ekspresikan diri kamu dengan 7 detik pesan suara yang akan ditampilkan di profil Anda!

– Crush: Buat kesan pertama yang sempurna! Woo calon jodoh kamu dengan mengirim pesan, bahkan sebelum berjodoh.

– Boost: Biarkan semua mata tertuju padamu. Dapatkan sorotan seminggu penuh hanya dalam satu hari.

Arief dan Cinta

Owalah, Jadi aplikasi Woo yang bikin Arif dan Cinta dipersatukan. Panteslah mereka dipersatukan kembali melaui Woo Apps, soalnya ini aplikasi pencarian jodoh terbaik sedunia, tanpa tipu-tipu. Terlebih penggunaannya yang mudah dan gak pake ribet. Jadi, ini sebabnya Arief dan Cinta dipertemukan kembali. Duh, jadi terharu!

Temukan pasangan hidup kamu lewat Woo. Temukan keajaiban. Temukan Cinta, dengan download di AppStore dan Playstore yuk!

 

Umur yang Selalu Bertambah

Kepada siapa saja yang mendoakan saya di hari ini, semoga Tuhan mengabulkan doa baik yang Anda ucapkan pada saya, dan ke diri Anda pula. Terima kasih untuk doa-doa lucunya. Untuk ucapan “semoga lekas kurus”, mohon maaf, saya tidak bisa menjanjikannya. Umur hanya angka genap, ganjil, dan prima. Mungkin. Ya, selamat ulang tahun, Bar. Tetaplah menjadi Akbar yang humanis, mencintai senja dengan sederhana. Terima kasih kepada Ibu, Ayah, kekasih, sodara, sahabat, teman, orang-orang yang ada dan selalu mensupport saya. 🙂

Melepas Rindu

image

Masing-masing kita berhak jatuh hati, mematakan atau dipatahkan, dan setia. Ada cinta dari ucapan-ucapan kau, sebagian berlari, berjalan, tak jarang menjadi gelap. Kesunyian mengendalikan awan di pikiran, menyusuri ketiadaan yang tiba-tiba. Di tempat lain, kesedihan masih menjadi tempat paling nyaman, lebih dekap dari pelukan sepasang lengan. Ketulusan akan membuatmu bersedih suatu hari nanti, sebab ketiadaan mengantarmu pulang menyusuri gelap. Aku terlalu sibuk melupakanmu, mengisi kekosongan dengan menunggu, dari jarak yang kau tak ketahui. Ketika mata tiba-tiba berair, peluklah aku dari kesunyian. Malam adalah caraku melepas rindu, mengabaikannya berkeliling sesuka yang ia inginkan. Sejak kepalaku mengingat nama seseorang, aku ingin menjatuhkan diri sendiri. Ribuan doa pernah di atap langit semesta, tapi ia lolos dari jaring Tuhan. Awan berbentuk tanda tanya bermunculan, menyerupai kau. Ketika rembulan mendarat di kening, tiba-tiba hujan pun turun, menggoyang langit di dada. Kau tahu, rasanya aku ingin melipat malam ini, dan kumasukkannya di perangkap cahaya, sebab ada sesuatu yang tampak tak serasi. Yang kupahami, jatuh cinta tak pernah ada di sana.

A Create Your Self!

I define creativity as the act of turning new and imaginative ideas into reality. Creativity involves two processes: thinking, then producing. Innovation is the production or implementation of an idea. If you have ideas, but don’t act on them, you are imaginative but not creative.

Semalam saya abis nonton A Create 2016 di parkira timur delta plaza Surabaya, kebetulan Surabaya menjadi kota ke 3 dari rangkaian tour. Dan saya sangat menikmati rangkaian acara tersebut. Layaknya acara musik band, ada opener sebelum menuju guest star, dan semua terbayar dengan bahagia. Saya coba ingat kembali mengapa saya berada di acara itu.

Buat yang gak datang ke acara A Create 2016 di Surabaya, saya punya cerita untuk kalian.  Jadi, siap-siaplah membaca.

Pintu masuk akhirnya dibuka pukul 16.00 ya meskipun di poster ditulis pukul 15.00 tapi tak masalah, sebab saya penasaran dengan konsep dan apa yang akan disuguhkan  di dalam parkir timur delta plaza. Ayo ikuti saya!!

Rasa penasaran saya pun terjawab, yap betul sekali, di sana saya disuguhkan konsep yang unik yaitu “A Create Your Self”, saya dapat mengekspresikan diri saya dengan menulis, menggambar, membuat kerajinan, photo-photo, makan, nongkrong, belanja, dan seterusnya.

#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead

 

Daaaannnn.. MC pun menaiki mimbar (panggung) yang sudah di desain apik oleh seniman muda Surabaya, dua lelaki dan satu perempuan. Aksi mereka bertiga kerap membuat tawa, saling melempar jokes dan saling menggombal, ABEGEH BUNGUT LAH!

#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead

#ACreate #ThisisMyGoAhead

Gak hanya wadah untuk nongkrong dan menikmati musik, di sana saya dibuat memukau oleh brand lokal Surabaya yang cetar muncrat membahana, misalnya : Fletcher & company denim, Revolt Industry, Zickler, Fullus, Pomikado, Harsh And Paper, Overcast I Zilch, Voordeer dll. untung tanggal muda jadi duit udah masuk tabungan, bisa kalap saya liat brand-brand keren seperti itu.

 

#ACreate #ThisisMyGoAhead

#ACreate #ThisisMyGoAhead

Satu persatu band tampil,  dibuka dengan semangat oleh Muckool, band performance yang hiphop banget. Lirik yang mereka nyayikan penuh makna dan gak alay, ditambah DJ dan music yang ngebit. Mantablah.

 

#ACreate #ThisisMyGoAheadDilajutkan oleh The Flints Tone, yang sama kerennya seperti Muckool. Ada sedikt PR untuk penyelenggara acara, bagaimana menarik masa di awal sore, sebab band pembuka pun pasti butuh banyak penonton, secara sikologis, menurut saya, akan mempengaruhi performance. Tapi untungnya mereka band yang professional jadi ngalir begitu saja tanpa hambatan. KEREN!

Senja pun mulai terbenam, adzan magrib berkumandang, rindu pun kembali ke pemiliknya, tandanya kita harus makan. Ha-ha-ha-ha… Masih dalam satu area, dan gak ribet harus keluar, di sana disedikan FoodTruck dengan berbagai macam jenis makanan, ada cemilan (kue), makanan berat (nasi), dan berbagai jenis minuman. Sebagai anak kos, harga yang ditawarkannya pun sangat terjangkau, gak bikin dompet galau, sebenernya cocok banget buat tempat pacaran, jadi kamu bisa teraktir pacar kamu sepuas-puasnya, yang jomblo pun gak usah khawatir, kalian tetep bakal bisa menikmati makanan dengan khusyu, damai dan hikmat, sabar mblo.
#ACreate #ThisisMyGoAhead

#ACreate #ThisisMyGoAhead

Pengunjung mulai memadati acara, bahkan ada yang jauh-jauh dari pamekasan, Madura. Tertata rapih vespa-vespa berbagai tahun dan bentuk, ternyata komunitas vespa juga turut meramaikan acara A #ACreate #ThisisMyGoAheadCreate, ke hadiran mereka menambah kemeriahan acara tersebut.  Di sana mereka sharing pada pengunjung yang mungkin akan, sedang, tidak memiliki vespa. Sharing perawatan, mesin dll. Dan tentunya tempat kopdar pecinta vespa di Surabaya.

 

MC pun memanggil performance band berikutnya yaitu Wake Up Iris, sepasang mahluk ciptaan Tuhan, yang pria bermain gitar, yang perempuan bermain biola. Selidik punya selidik, mereka berdua adalah sepasang kekasih, bayangkan romantisnya mereka ketika berduet, mungkin sunyi pun enggan mendekat di dada mereka. Duh! Musikalitas yang tinggi dengan syair yang puitis. Yang datang bersama kekasih pasti ini menjadi back sound terbaik kalian, true story waktu saya menikmati performance mereka, di depan saya ada yang pelukan ala filem titanic, kuampret! Ah, sudahlah. Ini cobaan bagi kaum yang tidak menikmati malam minggu dengan perempuan. *puk-puk diri sendiri*

#ACreate #ThisisMyGoAhead

Selsai Wake Up Iris tampil dan sembari mengobati kegalauan saya, saya pun berkeliling melihat-lihat suasana sekitar, ada yang sedang menggambar mobil dengan piloks, keren banget!

#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead

Band performance berikutnya adalah blingsatan, Timeless, Heavy Monster ini juga gak kalah kerennya. ribuan pengunjung  merapatkan barisan di depan panggung, sembari berjoget melepas penat. Semua berbaur, dan menikmati malam. Sebelum guest star tampil, Barasuara. Kelompok penerbang roket menjadi pembuka. Mereka semua tampir memukau di depan pengunjung. Ribuan tepuk tangan terdengar sebagai apresiasi.

#ACreate #ThisisMyGoAhead#ACreate #ThisisMyGoAhead

Bermusik adalah perayaan akan mengekspresi diri. Mereka naik panggung. Tanpa seragam yang aneh. Menjadi apa adanya. Membawa pemikiran dan sebuah ajakan. Membawa visi dan misinya. Lalu disambut meriah dengan ribuan tepuk tangan. Tapi tidak segampang itu. Banyak hal yang dibutuhkan yaitu bakat, kerja keras, proses, konsistensi, dan totalitas untuk menggapai semua itu. Tapi ketika itu menjadi nyata. Tidak hanya pemain band yang bahagia. Tapi kepada kita yg menonton. Sebab aura positif akan selalu mempengaruhi.Menurut saya, A Create 2016 di Surabaya bisa dikatakan sukses, sebab pengunjung yang datang membludak, saran saya hanyalah lebih diperbanyak lagi foodtrucknya, brand lokal, ngundang berbagai komunitas, gamesnya lebih banyak.

Respon Netizen tentang acara #ACreate #Goaheadpeople #THISISMYGOAHEAD   di Surabaya!

Last night performing at #acreate #goahead #stage #skatoday

A photo posted by HEAVY MONSTER OFFICIAL (@heavymonsterska) on

@barasuara on stage yesterday in parkir timur plaza surabaya. #acreate #goahead #goaheadpeople #iphoneonly

A photo posted by tama (@maulanadndy) on

Terakhir, terima kasih ONI, perempuan berambut pendek yang baik hati. :p

Siapa yang peduli tentang cinta

love

Pertemuan masih saja menjadi misteri, antara waktu dan ruang pikiran. Banyak hal yang kita tidak ketahui, kapan sebuah penantian yang berakhir menjadi bahagia. Proses membuatmu menjadi seseorang yang layak dicintai atau tidak, karena kita, memilih satu dari yang terbaik menurut hati. Berbagai macam persoalan hidup akan selalu datang dan pergi, tanpa kita sadari hal tersebut menjadikan manusia lebih tabah dan kuat. Pada akhirnya, manusia selalu meraba akan jodoh, berangan mendapatkan pasangan hidup yang sempurna, padahal di sekitar ruang lingkupnya ada seseorang yang akan menjadi pasangan di masa depan, mungkin.  Manusia selalu jatuh cinta, pada orang yang ia baru kenal, namun dengan kadar yang rendah, tergantung kegalauan, bahkan memungkin di suatu hari menimbulkan rasa sayang. Percayalah, cinta datang bukan dari sesuatu yang kebetulan, ia datang karena subuah kebiasaan. Seharusnya, manusia lebih bisa menyesuaikan diri, ketika singgah di hati orang yang tercinta, menjaga kekurangan dan saling melengkapi. Umur bukan jaminan menjadikan seseorang menjadi dewasa, sebab dewasa ialah belajar dari pengalamanan. Mungkin, engkau sering dikecewakan oleh pasanganmu, perlu di garis bawahi, bahwasanya sesuatu yang sudah kita miliki perlu perawatan, contoh sederhanya adalah memiliki motor. Manusia dengan motor merupakan dua hal yang berbeda, yang satu digerakan oleh bensin, yang satu degerakkan oleh hati dan pikiran, korelasinya sangat sederhana, yaitu merawat, memberikan service yang baik, tidak hanya sekadar perhatian, tapi menjadikan pasanganmu apa adanya, menjadi dirinya sendiri. Sering kali, aturan membuat hubunganmu menjadi renggang, itu karena belum ada komitmen yang tertanam dalam hati. Jika engkau mencari yang sempurna, engkau akan kehilangan yang terbaik.

JADI, siapa yang peduli tentang cinta?