Archive for the ‘ Standup Comedy Indonesia ’ Category

Stand Up Comedy Show Go To Health

Salam super, kembali lagi bersama saya, @penaberjalan, laki-laki tampan. Jumat, tanggal 28 Februari 2014 di perpustakaan BI merupakan pelaksanaan “Stand Up Comedy Go To Health”, asing? Pun saya demikian. Menurut saya, ini merupakan pertunjukan komedi sekaligus penyuluhan (sharing) kesehatan yang di gagas oleh 3 pemateri yang merangkap sebagai standup comedian. Mereka bertiga mempunyai latar belakang yang berbeda, siapakah mereka? Mereka adalah @Deddygigis @Pul_lung @TretanMuslim. *tepuk tangan dulu dong vroh* :))

Perkembangan standup comedy di indonesia sangat pesat terlihat dari antusiasme masyarakat yang hadir untuk menikmati show yang ada, namun berbanding terbalik dengan penyuluhan-penyuluhan kesehatan yang cinderung sepi, aneh? Sangat.

Sedikit mengulas tentang kesehatan. Yang perlu diketahui kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan. Pendidikan kesehatan adalah proses membantu sesorang, dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain. Data terakhir menunjukkan bahwa saat ini lebih dari 80 persen rakyat Indonesia tidak mampu mendapat jaminan kesehatan dari lembaga atau perusahaan di bidang pemeliharaan kesehatan, seperti Akses, Taspen, dan Jamsostek. Golongan masyarakat yang dianggap ‘teranaktirikan’ dalam hal jaminan kesehatan adalah mereka dari golongan masyarakat kecil dan pedagang. Dalam pelayanan kesehatan, masalah ini menjadi lebih pelik, berhubung dalam manajemen pelayanan kesehatan tidak saja terkait beberapa kelompok manusia, tetapi juga sifat yang khusus dari pelayanan kesehatan itu sendiri.

Kesehatan Menurut Undang-Undang

Dalam Undang-Undang yang dimaksud dengan:

1. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

2. Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat.

3. Tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

4. Sarana kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.

5. Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berguna

Bila kita sehat kita akan menikmati hidup lebih indah

Kesehatan Tubuh

Tujuan Kesehatan Dalam Segala Aspek

Salah satu tujuan nasional adalah memajukan kesejahteraan bangssa, yang berarti memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu pangan, sandang, pangan, pendidikan, kesehatan, lapangan kerja dan ketenteraman hidup. Tujuan pembangunan kesehatan adalah tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk, jadi tanggung jawab untuk terwujudnya derajat kesehatan yang optimal berada di tangan seluruh masyarakat Indonesia, pemerintah dan swasta bersama-sama.

Tujuan dan Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan

Tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan dapat dibagi menjadi dua, secara umum dan secara khusus.

Tujuan dan ruang lingkup secara umum, antara lain:

1. Melakukan koreksi atau perbaikan terhadap segala bahaya dan ancaman pada kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.

2. Melakukan usaha pencegahan dengan cara mengatur sumber-sumber lingkungan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.

3. Melakukan kerja sama dan menerapkan program terpadu di antara masyarakat dan institusi pemerintah serta lembaga nonpemerintah dalam menghadapi bencana alam atau wabah penyakit menular.

Adapun tujuan dan ruang lingkup secara khusus meliputi usaha-usaha perbaikan atau pengendalian terhadap lingkungan hidup manusia, yang di antaranya berupa:

1. Menyediakan air bersih yang cukup dan memenuhi persyaratan kesehatan.

2. Makanan dan minuman yang diproduksi dalam skala besar dan dikonsumsi secara luas oleh masyarakat.

3. Pencemaran udara akibat sisa pembakaran BBM, batubara, kebakaran hutan, dan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan dan makhluk hidup lain dan menjadi penyebab terjadinya perubahan ekosistem.

4. Limbah cair dan padat yang berasal dari rumah tangga, pertanian, peternakan, industri, rumah sakit, dan lain-lain.

5. Kontrol terhadap arthropoda dan rodent yang menjadi vektor penyakit dan cara memutuskan rantai penularan penyakitnya.

6. Perumahan dan bangunan yang layak huni dan memenuhi syarat kesehatan.

7. Kebisingan, radiasi, dan kesehatan kerja.

8. Survei sanitasi untuk perencanaan, pemantauan, dan evaluasi program kesehatan lingkungan

Tujuan Pembangunan Kesehatan

Untuk jangka panjang pembangunan bidang kesehatan diarahkan untuk tercapainya tujuan utama sebagai berikut:

1. Peningkatan kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan.

2. Perbaikan mutu lingkungan hidup yang dapat menjamin kesehatan.

3. Peningkatan status gizi masyarakat.

4. Pengurangan kesakitan (morbiditas) dan kematian (mortalitas).

5. Pengembangan keluarga sehat sejahtera, dengan makin diterimanya norma keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.

Dasar-Dasar Pembangunan Kesehatan

Dasar-dasar pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Semua warga negara berhak memperoleh derajat kesehatan yang optimal agar dapat bekerja dan hidup layak sesuai dengan martabat manusia.

2. Pemerintah dan masyarakat bertanggung jawab dalam memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan rakyat.

3. Penyelenggaraan upaya kesehatan diatur oleh pemerintah dan dilakukan secara serasi dan seimbang oleh pemerintah dan masyarakat.

Menurut saya, acara “GO TO HEALTH” adalah alternatif hiburan yang menyehatkan sembari tertawa dan berbagi ilmu di bidang kesehatan. Dalam acara tersebut, penonton yang hadir akan mendapat penyuluhan dan sharing kesehaatan oleh beberapa pemateri sekaligus ada tanya jawab, dan bonusnya adalah hiburan stand up comedy.
Jarang-jarang ada acara gratis, keren, dapet ilmu, dapet tawa, kurang apa coba?, Harapan saya “Go To Health” bisa keliling ke kampus-kampus di Surabaya, Jawa Timur, sukur-sukur luar pulau Jawa. Mari kita aminkan. Amin……! :))

Sebelum saya tutup, kalian perlu tau alasan kenapa “Go To Health” ada,

“Ingin berbagi ilmu tentang kesehatan dan menyadarankan masyarakat tentang kesehatan melalui stand up comedy. Kenapa melalui standup comedy? Supaya pesan kepada masyarat sampai dan tidak cinderung menjenuhkan seperti penyuluhan atau sharing kesehatan pada umumnya”, Muslim, alumni mahasiswa keperawatan.

“Melakukan sebuah pencerahan di bidang kesehatan melalui suatu yang menyenangkan, stand up comedy”, pak pullung, dosen S2 fakultas ilmu kesehatan masyarakat UNAIR.

“Sayangi ginjalmu! save ginjal. stand up comedian tidak hanya lucu, tapi harus berilmu pengetahuan. Dengan pekerjaan yang saya lakukan ini, kalian perlu tau”, Mas deddy gigis, teknisi alat cuci ginjal.

Sekiranya itu yang dapat saya tuliskan, semoga dapat menginspirasi teman-teman yang hadir di acara tersebut. Dan yang ingin mengadakan acara tersebut, bisa kontak atau mention pak @pul_lung. *uhuk, pak pullung, ojo lali anune rek* #BukanSponsorBiasa :))

“Jaga kesehatan, karna itu lebih utama daripada harta yang melimpa, sesudah wanita”, Saya @penaberjalan pamit undur diri. Tabik! :)

Stand Up Comedy The Road Show #JAWATIMUR (part1)

Stand Up Comedy The Road Show #JAWATIMUR

13399908431101889595

Tepat tanggal 16 juni 2012 jam 7 malam di campuss resto, Stand Up Comedy The Road Show #JAWATIMUR (#SUCTROS) mengadakan roadshow di kota Jember sebagai kota pertama.  Jember (@StandUpIndo_JBR ) mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah. Roadshow Stand Up Comedy ini dihadiri oleh 250 penonton.  Penonton di hibur oleh Line Up Comic dari Surabaya (@Syahdham ,  @deddygigis@arif_alfiansyah ) , Malang (@Arie_Kriting , @sakti_wawan212@desiloyuda) dan Sidoarjo (@mikysukses) dengan guest star Frendy Pradana Putra (@topenk_enk) Finalis Stand Up Comedy Indonesia Season 2 Kompas Tv.

Secara umum pelaksanaan #SUCTROS  ini berlangsung dengan sukses, seru, dan meriah. Dari segi kehadiran penonton sendiri, Stand-Up Comedy Roadshow yang diselenggarakan di kota Jember, Jawa Timur ini menghadirkan jumlah penonton yang cukup banyak dan CERDAS. Malah bisa dikatakan penonton yang menghadiri show di “CAMPUSS RESTO”  ini membludak, lebih dari perkiraan. Sebuah catatan yang menggembirakan tentunya melihat antusiasme yang begitu besar dari warga Jember yang meramaikan pergelaran Stand Up Comedy The Road Show #JAWATIMUR ini.
menurut saya, sudah selayaknya JAWA TIMUR menjadi acuan KOMEDI, karna hampir sebagian seluruh komedian indonesia berasal dari JAWA TIMUR. dan sebagai penonton serta comic saya sangat menikmati acara  #SUCTROS dan kesannya yang paling tidak dapat di lupakan adalah KERAM PERUT (capek tertawa) !!!!

(sebagian) Komentar dari penonton tentang acara  #SUCTROS melalui akun Twitter :

1339996910287699858

Kesuksesan acara #SUCTROS Jember ini di dukung oleh Crew yaitu @RoysHypnofhoto @Rizky_ @Helmgenic @amsdie @candraFREAK@langitbikull @liapputra
@fierman_syach @Gagang2 @ShintiaPuteri
@_andreashan@RamaFresco @FU_Maru @AyixSystem @sup_herman

Tanpa Crew yang baik maka mustahil acara yang luar biasa ini dapat di laksanakan dengan baik.

VIVA LA KOMTUNG….!!!

sumber : http://regional.kompasiana.com/2012/06/18/stand-up-comedy-the-road-show-jawatimur/ (www.kompasiana.com/akbarhalim08)

Belajar —> Standup Comedy (4)

Glosary:

1st Story : Suatu keadaan atau bayangan yang dibayangkan dalam pikiran penonton berdasarkan setup

2nd Story : Suatu keadaan atau bayangan yang dibayangkan dalam pikiran penonton berdasarkan punchline

Act-Out : Gerakan tubuh atau mimik muka yang dilakukan oleh seorang comic dalam penampilannya

Angle : Pandangan seorang comic terhadap subjek

Beat : Pause atau berhenti sesaat ( Timing )

Bit : Sebuah bagian dari Stand Up Comedy Show

Blue Material : Bahan jorok/kotor/sumpah serapah

Callback : Sebuah joke yang mengacu pada joke lain yang disajikan sebelumnya

Catch Phrase : Frasa atau ucapan umum yang diucapkan dengan gaya khusus dan menjadi trademark comic tersebut

Character : Kepribadian comic

Chunk : Serangkaian jokes dengan tema tertentu

Closing Line : Joke terakhir dalam sebuah penampilan yang biasanya mengundang tawa yang hebat

Deadpan : Sebuauh format penampilan seorang comic dimana jokes yang disampaikan tanpa pergantian emosional atau bahasa tubuh

Delivery : Cara seorang comic menyampaikan apa yang ingin dia kaktakan

Dying : Proses sebelum gagal

Extro : Apa yang dikatakan MC tentang comic yang baru saja turun dari panggung

Flopping : Bombing

Gig : Show

Hack : Comic yang menampilkan jokes yang tidak original

Hammocking : Teknik untuk menempatkan materi yang agak lemah diantara dua materi yang kuat

Headliner : Comic yang tampil terakhir dan menjadi bintang di acara tersebut

Heckler : Seseorang yang tampil terakhir dan menjadi pengganggu dengan maksud membuat comic gagal

Hook : Ciri khas

Impressionist : Comic yang mengkhususkan diri menirukan gaya atau tingkah orang yang terkenal

Inside Joke : Joke yang hanya bisa dimengerti oleh sekelompok orang tertentu

Intro : Apa yang dikatakan MC sebelum comic naik panggung

LPM : Ukuran untuk menentukan seberapa banyak tawa yang dihasilkan oleh seorang comic

Line Up : Daftar atau urutan comic

One Liner : Joke yang hanya terdiri dari 1 atau 2 kalimat

Open Mic : Sebuah acara untuk menampilkan para comic pemula

Opener : Urutan pertama comic dari sederetan comic yang tampil

Pause : Berhenti bicara sejenak untuk memainkan timing

Persona : Karakter seorang komik

Punch Line : Bagian lucu dari sebuah lelucon

Riffing : Komentar bolak balik dengan penonton yang spontan

Set Up : Bagian penjelas dari sebuah lelucon

Street Jokes : Lelucon umum yang sudash sangat sering diceritakan

Tag/Tagline : Kalimat singkat yang dikatan comic setelah punchline

Take : Reaksi muka seorang Comic,diam sejenak untuk memancing tawa

Timing : Penggunaan tempo,irama,jeda untuk meningkatan kelucuan sebuah joke

To Bomb : Tampil gagal

To Kill : Tampil sukses

 

sumber : @ramonpapana

Belajar —> Standup Comedy (3)

Kita MEMBELI KONDISI [Comedy Analisis]

Kita hanya membeli Kondisi – Anthony Robbin

JUST FOR LAUGH

Kita tertawa oleh karena:

  1. Melihat orang lain menderita.
  2. Tegang dan Lega. (tension and release)

images-2012-05-2-12-16.jpg1__%252524%252521%252540%252521__images-2012-05-2-12-16.jpg

Mengetahui mengapa orang tertawa, mari meninjau aksi just for laugh yg berhasil membuat banyak orang tertawa.

Dipastikan, tidak ada yg sakit hati dalam menyaksikan tayang ini.

KITA MENERTAWAKAN DERITA ORANG LAIN

Tujuan JFL adalah membuat korban menjadi bingung, salah tingkah, dan menderita. Karena kita manusia yang selalu

mendapatkan kondisi superior ketika melihat dan menyaksikan orang lain menderita. Dan ini adalah sebuah KONDISI.

Kondisi dimana kita sudah standby (bersiap-siap) untuk melepas tawa. Karena kita masuk dalam kondisi tension. Setiap kali ada orang yang menderita, kita selalu tegang. Semisal kecelakaan.

2__%252524%252521%252540%252521__images-2012-05-2-12-16.jpg

Kita merasa beruntung, perisitwa mengerikan itu tak terjadi padaku. Kita dalam kondisi:

- Beruntung

- Superiority

- Aman

- Tak dijamah masalah/keadan mencekam.

Tawa dan penderitaan

Nah, sekarang, mengapa ada orang tertawa karena penderitaan orang lain?

jawabannya ialah KONDISI

3__%252524%252521%252540%252521__images-2012-05-2-12-16.jpg

Kita menciptakan kondisi itu sebagai bagian dari hiburan. Jika tidak ada unsur sebagai hiburan, maka peristiwa mengerikan itu

adalah sebuah HOROR.

Maka, tak salah jika sang MC acara mengucapkan “Mohon, ini adalah HIBURAN SEMATA…..” ini adalah sebuah menyampaian

kondisi kepada penonton agar tidak menelan menta-menta periswa memalukan di atas panggung.

Kita tarik kesimpulan, bahwa kita tetap menyaksikan kondisi KECELAKAAN tapi dicampur dengan HIburan (rekayasa hiburan).

4__%252524%252521%252540%252521__images-2012-05-2-12-16.jpg5__%252524%252521%252540%252521__images-2012-05-2-12-16.jpg

Nah, Kembali ke JUST FOR LAUGH

Dari sisi PEMIRSA DIRUMAH KITA TERTAWA KARENA MELIHAT ORANG LAIN MENDERITA KARENA ADA YANG MENDERITA.

unknown-2012-05-2-12-16.jpg

Sisi yang kedua, ialah saat korban yang kerjai pada akhirnya tertawa setelah semua keadaan (derita) yang meraka alami tenyata

tak terjadi, hanya rekayasa tim Just for Laugh. Seperti, “Oh, lega rasanya, ternyata kejadian ini hanya main-main belaka” kata salah korban

6__%252524%252521%252540%252521__images-2012-05-2-12-16.jpg

Dan tentu yang ke tiga adalah team yang merekayasa kejadian horor tersebut.

7__%252524%252521%252540%252521__images-2012-05-2-12-16.jpg

Sekarang kita sedikit tahu, bahwa kita tertawa karena ada unsur:

  1. 1. Melihat orang lain menderita.
  2. 2. Tegang dan Lega. (tension and release)

Dan jelas sekali bahwa, kita tertawa oleh kondisi.

sumber :  @JerryPiko

Belajar -> Standup Comedy (2)

1. Menulis materi stand up comedy hampir sama dgn menulis materi humor lainnya. Hanya saja “set up” materi Stand Up tdk bertele-tele

2. Inilah yg membedakan stand up dgn Anekdot yg cenderung “set up” atau pengantar ke punchline yg panjang. Bahkan mirip cerita

3. contoh; Saya tdk berani menatap mata pramugari, kalo papasan pasti lihat kebawah (set up) karena belahan roknya tinggi (punch)

4. Kalo anekdot cenderung bercerita, contoh : ada orang madura naik pesawat, duduk dikelas ekonomi, ditegur sama pramugari …dst

5. Makanya ada semacam kesepakatan diantara praktisi Stand Up di Amerika kalo materi anekdot bukanlah materi stand up

6. Ini ada cara standar utk menulis materi bagi komedian observasional. Kita akan mulai menulis materi berdasarkan pengamatan

7. Kita akan menulis materi stand up ttg restoran. Maka kita akan mengamati rangkaian kejadian ketika org datang ke restoran

8. di restoran ; orang datang, ada yg langsung dapat duduk atau antri dulu. Duduk, lihat menu, pesan, makan dan bayar.

9. Sbg contoh juara Stand Up Kompas “Ryan” membuat materi ttg orang antri di Restoran, kemudian namanya dipanggil

10. Bagi komedian observasional antri di restoran bisa menjadi materi. Kemudian duduk, posisi duduk direstoran jg bs jd materi

11. Contoh : didepan saya duduk perempuan cantik pake rok mini (set up) Ini mempengaruhi pilihan saya utk pesan paha (punchline)

12. Maaf dari tadi contohnya nyerempet ke anatomi tubuh terus, sekalian kasih contoh materi nyerempet jg bs dibungkus elegan

13. Byk rangkaian kejadian makan di restoran bs jadi materi stand up. Mulai dari menu hingga cara bayar. Makan sendiri atau berdua.

14. Sebagai contoh saya akan kutip materi lama mengenai cara orang memesan makanan di restoran.

15. Awal bulan mesan makanan biasanya lihat menu dari kiri ke kanan (setup) kalo akhir bulan kanan ke kiri, harganya dulu (punch)

16. Formula ini bs diadaptasi utk kejadian lain, misalnya rangkaian peristiwa “pdkt” sama perempuan. Peristiwa susah dpt kerja, dll

17. Demikianlah, intinya dgn latihan kita bs menulis materi dgn set up yg singkat langsung disamber punchline. Itulah Stand Up Comedy

18. Disamping Set Up dan Punch line, ada juga Bridging, ini pengantar sangat singkat dari satu materi ke materi lain.

19. Contoh bridging ; “itu kalo kita makan di restoran, kalo makan di food court lain lagi ” (kemudian masuk materi ttg food court

20. Itulah pengantar singkat menulis materi Stand Up. InsyaAllah lain waktu kultwit aneka tips & teknik menulis materi Stand Up1. Menulis materi stand up comedy hampir sama dgn menulis materi humor lainnya. Hanya saja “set up” materi Stand Up tdk bertele-tele

2. Inilah yg membedakan stand up dgn Anekdot yg cenderung “set up” atau pengantar ke punchline yg panjang. Bahkan mirip cerita

3. contoh; Saya tdk berani menatap mata pramugari, kalo papasan pasti lihat kebawah (set up) karena belahan roknya tinggi (punch)

4. Kalo anekdot cenderung bercerita, contoh : ada orang madura naik pesawat, duduk dikelas ekonomi, ditegur sama pramugari …dst

5. Makanya ada semacam kesepakatan diantara praktisi Stand Up di Amerika kalo materi anekdot bukanlah materi stand up

6. Ini ada cara standar utk menulis materi bagi komedian observasional. Kita akan mulai menulis materi berdasarkan pengamatan

7. Kita akan menulis materi stand up ttg restoran. Maka kita akan mengamati rangkaian kejadian ketika org datang ke restoran

8. di restoran ; orang datang, ada yg langsung dapat duduk atau antri dulu. Duduk, lihat menu, pesan, makan dan bayar.

9. Sbg contoh juara Stand Up Kompas “Ryan” membuat materi ttg orang antri di Restoran, kemudian namanya dipanggil

10. Bagi komedian observasional antri di restoran bisa menjadi materi. Kemudian duduk, posisi duduk direstoran jg bs jd materi

11. Contoh : didepan saya duduk perempuan cantik pake rok mini (set up) Ini mempengaruhi pilihan saya utk pesan paha (punchline)

12. Maaf dari tadi contohnya nyerempet ke anatomi tubuh terus, sekalian kasih contoh materi nyerempet jg bs dibungkus elegan

13. Byk rangkaian kejadian makan di restoran bs jadi materi stand up. Mulai dari menu hingga cara bayar. Makan sendiri atau berdua.

14. Sebagai contoh saya akan kutip materi lama mengenai cara orang memesan makanan di restoran.

15. Awal bulan mesan makanan biasanya lihat menu dari kiri ke kanan (setup) kalo akhir bulan kanan ke kiri, harganya dulu (punch)

16. Formula ini bs diadaptasi utk kejadian lain, misalnya rangkaian peristiwa “pdkt” sama perempuan. Peristiwa susah dpt kerja, dll

17. Demikianlah, intinya dgn latihan kita bs menulis materi dgn set up yg singkat langsung disamber punchline. Itulah Stand Up Comedy

18. Disamping Set Up dan Punch line, ada juga Bridging, ini pengantar sangat singkat dari satu materi ke materi lain.

19. Contoh bridging ; “itu kalo kita makan di restoran, kalo makan di food court lain lagi ” (kemudian masuk materi ttg food court

20. Itulah pengantar singkat menulis materi Stand Up. InsyaAllah lain waktu kultwit aneka tips & teknik menulis materi Stand Up

 

sumber :  @JerryPiko

Belajar -> Standup Comedy (1)

[script] Learning of Script – Standup Comedy

George Carlin berkata, “Aku beruntung dapat mengkreasi IDEA menjadi SCRIPT (writing) kemudian DiPERFORMkan.”

Urutannya:

  1. Ide (dalam pikiran) melayang-layang
  2. Script (skenario), materi tertulis
  3. Perform. – Menjadi sebuah aksi AUDIO-VISUAL-ACTING

george-carlin-letter-2012-05-3-09-15.jpg

Titik puncaknya adalah AUDIO-VISUAL-ACTING

images-2012-05-3-09-15.jpg

Sajian hiburan fisik; hiburan-seni yang menggunakan diakfragma, nafas, otak, ekpresi tangan, kaki, alis mulus, hidung, dll.

semua bagian tubuh hampir berfungsi untuk menghidupkan poin no 2. Script (skenario), materi tertulis.

Script itu Flat, natural, dan tak ada konteks

Jadi Comedianlah yang menghidupkan isi script itu menjadi bentuk monolog yang ber 5D

  1. Kita melihat sesosok Individu – Comedian; manusia bukan animasi.
  2. Ide yang keluar dari pikiran comedian
  3. Ide yang bisa dirasakan dan dilihat lewat bayangan pikiran kita
  4. Cerita yang bisa membuat pendengar hanyut dalam emosi-tawa, bahkan emosi marah/ emosi superiority.
  5. Kita merasakan dalam wahana tawa yang begitu dahsyat.

Namun, jika kita melihat scipts mereka, kita hanya melihat kertas yang berisi coretan-coretan yang tak ada arti dan konteks. Tidak berisi

empati dan emosi, lucunya pun tak dapat kita tangkap.

Namun, jika dijalankan oleh sang maestro comedy, materi itu HIDUP, terasa bernafas, merepresentasikan 5D, dan tentu merangsang audience untuk tertawa.

Kesimpulan; Materi yang kita tulis di atas kertas hanya 5% dari hiburan, 95% adalah berada di otak comedian. Comedian harus menjewatahkan menjadi sebuah ide/gambar/suara/ yang dapat membuat kita tertawa.

 

sumber :  @JerryPiko

Racikan Kata

Dara Prayoga, dan konspirasi semesta di sekitarnya

Perahukayu

berlayar dengan cinta, berlabuh dengan rindu

Read Mey's Minds

Love, life, education. Hateful thoughts, sometimes

MotivaTweet - Motivasi SUPER yang NENDANG!

Baca - Praktekkan - Sebarkan. Silakan copy paste

Catatan Si Tomy

Fresh,Fun & Fabulous

gamilamila

Just another WordPress.com site

humorologi

Mencoba Tidak serius pada hal yang serius

Satu Momen

Sebuah Persinggahan Menuju Momen Berikutnya..

Sam D Putra

~ Hanya bila anda ada waktu luang

Akimlinovsisa's Blog

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

Refleksi & Blog Tutorial

Cara membuat blog tutorial blogger tip ngeblog di blogger / blogspot wordpress tip menulis di media massa motivasi kepribadian dan kontemplasi kehidupan.

fuady live

pilihan info terbaik anda

Opera Aksara

Kata adalah pengendali realita

Indonesian Football Diary

Menonton Sepakbola di Penjuru Nusantara

Thinktep

Knowledge is power, share it and it will multiply...

akbar halim

Demi Pena dan Apa Yang Mereka Tuliskan....

Demi Pena dan Apa Yang Mereka Tuliskan....

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: